Selasa, 10 November 2009

Makna 10 November.

Siapa Layak Disebut Pahlawan?

H
ari ini adalah tanggal 10 November, yang sebaaimana kita tahu adalah hari pahlawan. Setiap tahun pun ada tanggal 10 November, setiap tahun pun ada hari pahlawan. Namun apa yang bisa membuat kita merenungkan hari pahlawan setiap tanggal 10 November di tiap tahunnya? Mungkin bagi sebagian besar masyarakat Indonesia tanggal 10 November adalah biasa sebagaimana keseharian yang biasanya. Namun di beberapa daerah, tanggal ini menjadi begitu bermakna. Di Jawa Timur, Surabaya khususnya, masyarakat di sana akan sangata memaknai tanggal ini, sebagai tempat lahirnya hari pahlawan mereka menyematkan "10 November" sebagai nama stadion terbesardi kota itu, yang terletak di daerah Tambaksari.
Pada tanggal 10 November 1945, pemudaIndonesia, khususnya daerah Surabaya yang dipimpin oleh bung Tomo tak gentar menghadapi serbuan tentara Inggris yang kala itu ingin menguasai Surabaya sepenuhnya. Sebelumnya mereka berhasil menuntaskan perlawanan Belanda di hotel Yamato dengan dirobeknya warna biru pada bendera Belanda. Meskipun akhirnya Inggris mampu mengambil Surabaya, namun perjuanagn pemuda dan penduduk kala itu begitu berkobar sehingga ditetapkanlah hari itu sebagai Hari Pahlawan.
Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan jasa pahlawannya. Kita tentu tidak asing dengan ungkapanbung Karno ini. Namun apalah arti hari pahlawan saat ini bagi bangsa Indonesia? Ingat pun tidak bahwa hari ini adalah hari pahlawan. Presiden pun hanya melangsungkan upacara tebar bunga di taman makam pahlawan Kalibata. Sebenarnya siapa yang bisa kita sebut pahlawan saat ini?
Sebenarnya kita semua adalah pahlawan bagi bangsa ini. Apapun profesi kita (asalkan itu halal) kita layak disebut pahlawan bagi bangsa ini. Petani dan tukang sayur adalah pahlawan. Sebab tanpa mereka mana mungkin kita bisa makan sayuran segar setiap harinya. Media dan kuli tinta adalh pahlawan. Tanpa mereka kita tidak akan isa mengetahui kabar yang sedang terjadi di luar lingkungan kita. Pelajar dan mahasiswa juga pahlawan yang akan membawa perubahan untuk bangsa ini. Guru dan dosen, pedagang mie ayam, penjual koran, pengusaha, investor, dan segala macam profesi lain adalah pahlawan yang akan membuat bangsa ini lebih baik ke depannya. Jadi marilah kita hargai pahlawan - pahlawan disekitar kita demi membanggakan pahlawan sebelum kita dan untuk kemajuan negeri Indonesia tercinta ini. Dimulai dari hal kecil, dimulai dari dir sendiri, dan dimulai dsari sekarang.!
Terima kasih pahlawan, kamilah penerus perjuangan kalian...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar